Lintas Berita

Komitmen BAPPEDA Bandung Barat terhadap MDGs

mdgs

BATUJAJAR (BAPPEDA) - Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bulan September tahun 2000, sebanyak 189 negara anggota PBB termasuk Indonesia sepakat untuk mengadopsi Deklarasi Milenium yang kemudian dijabarkan dalam kerangka praktis Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium Development Goals / MDGs). Dimana MDG’s menempatkan pembangunan manusia sebagai focus utama pembangunan dan memiliki tenggat waktu 2015.

MDG’s juga merupakan komitmen nasional dalam upaya lebih menyejahterakan masyarakat melalui 8 (delapan) tujuan MDG’s yaitu:

  1. Memberantas kemiskinan dan kelaparan;
  2. Mencapai pendidikan dasar untuk semua;
  3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan;
  4. Menurunkan kematian anak;
  5. Meningkatkan kesehatan ibu;
  6. Mengendalikan HIV dan AIDS, Malaria dan Penyakit Menular Lainnya;
  7. Menjamin Kelestarian Lingkungan Hidup;
  8. Mengembangkan kemitraan pembangunan di tingkat global.

Upaya percepatan pencapaian target MDG’s, menjadi prioritas pembangunan nasional yang memerlukan sinergis kebijakan perencanaan dari tingkat Pusat hingga Daerah. Sesuai Inpres No3 Tahun 2010 tentang Program Pembangunan Yang Berkeadilan,pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sebagai unsur pemerintahan diwajibkan untuk melaksanakan percepatan pencapaian MDG’s yang tertuang dalam suatu Rencana Aksi Daerah (RAD).

Bappeda dalam hal ini, telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Rencana Aksi Daerah Millennium Development Goal’s (MDG’s) di Ahadiat Hotel dan Bungallow, yang bertujuan membangun komitmen, koordinasi, dan sinergitas program dari berbagai sektor dalam rangka pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs) Kabupaten Bandung Barat.

Kami harapkan Rapat Koordinasi ini dapat bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan terkait dalam menyusun RAD MDGs yang berkualitas, untuk mendukung terlaksananya percepatan pencapaian MDGs di Kabupaten Bandung Barat dalam mensejahterakan masyarakat.

Komentar

Belum ada komentar