Lintas Berita

Anugerah Baksyacaraka 2012, KBB Salah Satu Perwakilan Provinsi Jawa Barat

baksyacaraka

BATUJAJAR (BAPPEDA) - Bidang Perencanaan Ekonomi Bappeda menggelar kegiatan Sosialisasi Anugerah Baksyacaraka 2012. “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut keikutsertaan Kabupaten Bandung Barat sebagai satu-satunya Kabupaten di Jawa Barat yang maju sebagai perwakilan dalam kompetisi Baksyacaraka 2012” demikian disampaikan Kabid Perencanaan Ekonomi, Dadang Harisuddin seusai acara, Rabu (4/7/2012).

Selain Kabupaten Bandung Barat, perwakilan lain dari Jawa Barat dalam kompetisi ini adalah Kota Bandung, Kota Depok dan Kota Sukabumi.

Baksyacaraka adalah penghargaan puncak untuk Kabupaten/Kota yang unggul dalam menciptakan iklim budaya kreatif dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dengan mempedomani Inpres Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif.

“Karenanya terdapat tiga aktor utama penggerak kreativitas yang dikenal dengan sebutan “triple helix”, yaitu aktor utama Cendekiawan (Intelectuals), aktor utama Bisnis (Business) dan aktor utama Pemerintah (Government, yang menjadi wilayah penilaian dalam kompetisi ini” ujarnya.

Lebih lanjut seperti yang disampaikan oleh Kasubbid Perencanaan Ekonomi dan Investasi Daerah, Umar Suharyana “Terdapat empat belas (14) bidang pengembangan ekonomi kreatif dalam Inpres tersebut, yaitu: periklanan; arsitektur; pasar seni dan barang antik; kerajinan; desain; fashion (mode);film, video, dan fotografi; permainan interaktif; musik; seni pertunjukan; penerbitan dan percetakan; layanan komputer dan piranti lunak; radio dan televisi; dan riset dan pengembangan. Dalam hal ini yang menjadi unggulan Kabupaten Bandung Barat adalah kuliner, handycraft dan fashion”.

Komentar

Belum ada komentar